Sabtu, 21 April 2012

Tugas 2 teknologi informasi dan multimedia #


Nama : Wahyu Jayanto
Kelas : 4 ICO2
Npm 20408940

2.1 Perangkat Lunak Pada Multimedia
 Perangkat  lunak  aplikasi  multimedia  merupakan  aplikasi-aplikasi  yang  dibuat  oleh  personal  atau organisasi  untuk  user  yang  beroperasi  dalam  bidang-bidang multimedia  spesifik  seperti  grafik  2D, modeling dan animasi.
2.1.1 Perangkat Pengolah Teks
Aplikasi  pengolah  teks  yang  banyak  digunakan misalnya Microsoft Word, Word  Star  for Windows, Word Perfect dan Star Writer, sedangkan beberapa aplikasi pengolah teks yang bersifat open source misalnya Open Writer, KWriter dan Abi Word.
2.1.2 Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan Grafik 2D
         Aplikasi pengolah grafik 2D dibagi menjadi dua bagian yaitu:
a.  Grafik 2D Vector, misalnya Corel Draw, Macromedia Freehand dan Adobe Illustrator.
b.  Grafik 2D Image (Raster), misalnya Adobe Photoshop, Jasc Paint Shop Pro, Gimp.
c.  Animasi, misalnya Macromedia Flash.
2.1.3 Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan Modeling Grafik 3D
         Contoh  dari  perangkat  lunak  Animasi  dan  modeling  Grafik  3D  adalah  3D  Studio  MAX,  Maya, Softimage, LightWave, Blender dan lain sebagainya.
2.1.4 Perangkat Lunak Authoring Multimedia
         Authoring  merupakan  aplikasi  komputer  yang  memberikan  peluang  kepada  pengguna  untuk mengembangkan sebuah perangkat  lunak dengan dragging dan dropping berbagai objek multimedia tanpa harus mengetahui penggunaan dan pemahaman bahasa pemrograman, misalnya Macromedia Authoring, sedangkan aplikasi authoring yang dilengkapi dengan pemrograman misalnya Macromedia Director dengan dilengkapi Lingo (Bahasa pemrograman).
2.1.5 Perangkat Lunak Aplikasi Berbasis Web
         Contoh produk-produk mendesain web antara  lain adalah Macromedia Flash  yang digunakan untuk membuat animasi grafis pada web, Macromedia Dreamweaver dan Microsoft Front Page.

2.2 Perangkat Keras Pada Multimedia
      Perangkat keras (komputer) multimedia merupakan alat pengolahan data berupa teks, gambar, audio, video atau animasi yang bekerja secara elektronis dan otomatis. Unsur-unsur utama sistem perangkat keras multimedia  antara  lain  adalah  unit  input,  CPU,  Storage/Memory  dan  unit  output,  sedangkan yang merupakan unsur tambahan contohnya adalah communication link.
2.2.1 Unit Masukan (Input Device)
Unit masukan  adalah  peranti  tempat  untuk memasukkan  data  dan  program  yang  akan  diproses  di dalam komputer multimedia. Fungsi-fungsi unit masukan ini antara lain:
  Tempat untuk memasukkan data dan program yang akan diproses
  Menerjemahkan  kode-kode  yang  dikenal  oleh  media  input  ke  dalam  kode-kode  yang  dikenal komputer multimedia.
  Mengirim data yang sudah berbentuk bit-bit ini ke dalam storage.
Contoh-contoh perangkat keras unit masukan:
  Keyboard
  Alat penunjuk  (pointing device) misalnya mouse,  joystick,  trackball,  trackpad,  touch screen,  light pen, dan remote control
  Alat  pembaca  optis misalnya  scanner,  optical mark  reader,  optical  character  reader,  hand-held scanner, flatbed scanner, path-trough scanner dan film scanner
  Alat pembaca magnetis misalnya Magnetic Ink Character Recognition (MICR), ATM (Automacted Teller Machine). Dan Electronic Fund Transfer (EFT)
  Alat  input  pengenal  suara  misalnya  Speaker  Dependent  System  dan  Speaker  Independent System.
  Sistem Vision-Input merupakan alat yang memungkinkan input visual terbatas ke sistem komputer misalnya untuk pembuatan SIM (Surat Ijin Mengemudi)
  Kamer Digital
  Camcorder (Camera Recorder) merupakan alat perekam elektronik yang portable dan mempunyai kemampuan video  live-motion dan audio untuk kemudian dimainkan di Video Cassette Recorder (VCR), TV dan komputer multimedia.
  Snappy Video Snapshot adalah suatu alat penangkap gambar yang menghubungkan paralel port bagian belakang desktop atau laptop PC.
  WebCam 
2.2.2 Unit Keluaran (Output Device)
         Unit keluaran adalah piranti  tempat mengeluarkan hasil proses komputer multimedia  yang berfungsi sebagai  tempat  keluarnya  hasil  proses  dan  menerjemahkan  bit-bit  ke  dalam  kode  yang  dikenal sebagai media output.
Dikutip dari : M. Suyanto. 2003. MULTIMEDIA Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. ANDI OFFSET. Yogyakarta.

2.3 Perbedaan MP3 dan MP4
      MP3 adalah kependekan dari MPEG-1 Audio Layer 3. Hal ini digunakan untuk audio dan menggunakan algoritma kompresi. Ini adalah salah satu format audio yang paling umum digunakan tersedia dan telah menjadi standar untuk beberapa waktu. File audio yang tidak terkompresi tentu memiliki ukuran yang besar, misalnya pada file WAV. Hal ini karena suara sangat kompleks dan terjemahan ke dalam format digital akan membutuhkan banyak data.      
       MP4 adalah singkatan dari MPEG-4 Part 14. Mp4 didasarkan pada Mpeg-4 Part 12 yang pada berdasarkan tipe MOV Apple. MP4 merupakan format kontainer, artinya digunakan untuk menyimpan audio dan atau data video. Mp4 video dan audio juga dapat di streaming melalui internet.
Dari kedua penjelasan diatas, maka didapat perbedaan bahwa MP3 adalah format kompresi audio yang digunakan untuk kompres dan menyimpan audio pada komputer. Mp4 adalah suatu wadah format media yang digunakan untuk menyimpan banyak jenis media pada komputer. Oleh karena itu, sebuah MP3 dibatasi sehubungan dengan metode kompresi dan hanya dapat menyimpan audio. MP4 di sisi lain dapat menyimpan video serta audio. Ia bahkan bisa menyimpan subtitles untuk sebuah file video.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar