Nama : Wahyu Jayanto
Kelas : 4 ICO2
Npm 20408940
2.1 Perangkat Lunak
Pada Multimedia
Perangkat
lunak aplikasi multimedia
merupakan aplikasi-aplikasi yang
dibuat oleh personal
atau organisasi untuk user
yang beroperasi dalam
bidang-bidang multimedia
spesifik seperti grafik
2D, modeling dan animasi.
2.1.1 Perangkat Pengolah Teks
Aplikasi pengolah
teks yang banyak
digunakan misalnya Microsoft Word, Word
Star for Windows, Word Perfect
dan Star Writer, sedangkan beberapa aplikasi pengolah teks yang bersifat open
source misalnya Open Writer, KWriter dan Abi Word.
2.1.2 Perangkat Lunak
Pengolah Animasi dan Grafik 2D
Aplikasi
pengolah grafik 2D dibagi menjadi dua bagian yaitu:
a. Grafik 2D
Vector, misalnya Corel Draw, Macromedia Freehand dan Adobe Illustrator.
b. Grafik 2D
Image (Raster), misalnya Adobe Photoshop, Jasc Paint Shop Pro, Gimp.
c. Animasi,
misalnya Macromedia Flash.
2.1.3 Perangkat Lunak
Pengolah Animasi dan Modeling Grafik 3D
Contoh dari
perangkat lunak Animasi
dan modeling Grafik
3D adalah 3D
Studio MAX, Maya, Softimage, LightWave, Blender dan lain
sebagainya.
2.1.4 Perangkat Lunak
Authoring Multimedia
Authoring merupakan
aplikasi komputer yang
memberikan peluang kepada
pengguna untuk mengembangkan
sebuah perangkat lunak dengan dragging
dan dropping berbagai objek multimedia tanpa harus mengetahui penggunaan dan
pemahaman bahasa pemrograman, misalnya Macromedia Authoring, sedangkan aplikasi
authoring yang dilengkapi dengan pemrograman misalnya Macromedia Director
dengan dilengkapi Lingo (Bahasa pemrograman).
2.1.5 Perangkat Lunak
Aplikasi Berbasis Web
Contoh
produk-produk mendesain web antara lain
adalah Macromedia Flash yang digunakan
untuk membuat animasi grafis pada web, Macromedia Dreamweaver dan Microsoft
Front Page.
2.2 Perangkat
Keras Pada Multimedia
Perangkat
keras (komputer) multimedia merupakan alat pengolahan data berupa teks, gambar,
audio, video atau animasi yang bekerja secara elektronis dan otomatis.
Unsur-unsur utama sistem perangkat keras multimedia antara
lain adalah unit
input, CPU, Storage/Memory dan
unit output, sedangkan yang merupakan unsur tambahan
contohnya adalah communication link.
2.2.1
Unit Masukan (Input Device)
Unit masukan
adalah peranti tempat
untuk memasukkan data dan
program yang akan
diproses di dalam komputer
multimedia. Fungsi-fungsi unit masukan ini antara lain:
• Tempat untuk
memasukkan data dan program yang akan diproses
•
Menerjemahkan kode-kode yang
dikenal oleh media
input ke dalam
kode-kode yang dikenal komputer multimedia.
• Mengirim data
yang sudah berbentuk bit-bit ini ke dalam storage.
Contoh-contoh perangkat keras unit masukan:
• Keyboard
• Alat
penunjuk (pointing device) misalnya mouse, joystick, trackball, trackpad, touch screen, light pen, dan remote control
• Alat pembaca
optis misalnya scanner, optical mark reader,
optical character reader,
hand-held scanner, flatbed scanner, path-trough scanner
dan film scanner
• Alat pembaca
magnetis misalnya Magnetic Ink Character
Recognition (MICR), ATM (Automacted
Teller Machine). Dan Electronic Fund
Transfer (EFT)
• Alat input
pengenal suara misalnya
Speaker Dependent
System dan Speaker
Independent System.
• Sistem
Vision-Input merupakan alat yang memungkinkan input visual terbatas ke sistem
komputer misalnya untuk pembuatan SIM (Surat Ijin Mengemudi)
• Kamer Digital
• Camcorder (Camera Recorder) merupakan alat perekam
elektronik yang portable dan mempunyai kemampuan video live-motion
dan audio untuk kemudian dimainkan di Video Cassette Recorder (VCR), TV dan
komputer multimedia.
• Snappy Video
Snapshot adalah suatu alat penangkap gambar yang menghubungkan paralel port
bagian belakang desktop atau laptop PC.
• WebCam
2.2.2
Unit Keluaran (Output Device)
Unit
keluaran adalah piranti tempat
mengeluarkan hasil proses komputer multimedia
yang berfungsi sebagai tempat keluarnya
hasil proses dan
menerjemahkan bit-bit ke
dalam kode yang
dikenal sebagai media output.
Dikutip dari : M. Suyanto. 2003. MULTIMEDIA Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. ANDI
OFFSET. Yogyakarta.
2.3 Perbedaan
MP3 dan MP4
MP3 adalah
kependekan dari MPEG-1 Audio Layer 3. Hal ini digunakan untuk audio dan
menggunakan algoritma kompresi. Ini adalah salah satu format audio yang paling
umum digunakan tersedia dan telah menjadi standar untuk beberapa waktu. File
audio yang tidak terkompresi tentu memiliki ukuran yang besar, misalnya pada
file WAV. Hal ini karena suara sangat kompleks dan terjemahan ke dalam format
digital akan membutuhkan banyak data.
MP4
adalah singkatan dari MPEG-4 Part 14. Mp4 didasarkan pada Mpeg-4 Part 12 yang
pada berdasarkan tipe MOV Apple. MP4 merupakan format kontainer, artinya
digunakan untuk menyimpan audio dan atau data video. Mp4 video dan audio juga
dapat di streaming melalui internet.
Dari kedua penjelasan diatas, maka didapat perbedaan
bahwa MP3 adalah format kompresi audio yang digunakan untuk kompres dan
menyimpan audio pada komputer. Mp4 adalah suatu wadah format media yang
digunakan untuk menyimpan banyak jenis media pada komputer. Oleh karena itu,
sebuah MP3 dibatasi sehubungan dengan metode kompresi dan hanya dapat menyimpan
audio. MP4 di sisi lain dapat menyimpan video serta audio. Ia bahkan bisa
menyimpan subtitles untuk sebuah file video.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar