Nama : Wahyu Jayanto
Kelas : 4 ICO2
Npm 20408940
1.1 Pengertian Multimedia
Multimedia
diambil dari kata multi dan media. Multi berasal dari bahasa latin (Numerous) berarti banyak dan media
berarti media atau perantara. Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur
yaitu teks, grafik, suara, video, dan animasi yang menghasilkan presentasi yang
menakjubkan. Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi
pengguna komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang
dapat disajikan melalui audio atau video, teks, grafik, dan animasi. Disini
dapat digambarkan bahwa multimedia adalah suatu kombinasi data atau media untuk
menyampaikan suatu informasi sehingga informasi itu tersaji dengan menarik.
Multimedia adalah kombinasi komputer dan video (Rosch 1996) atau multimedia secara umum merupakan kombinasi suara,
gambar, dan teks (McCormick 1996). Atau
multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output
dari data, media dapat audio (suara musik), animasi, video, teks, grafik, dan
gambar. Dari beberapa definisi diatas, maka multimedia ada yang online
(internet) dan multimedia yang offline.
Dikutip dari: Http://janiansyah.wordpress.com
(dengan perubahan seperlunya)
1.2 Aplikasi
Multimedia
Pemanfaatan dari aplikasi multimedia dapat berupa company
profile, video untuk tutorial, e-learning,
maupun computer based training.
Komponen multimedia terdiri dari : graphics,
text, video, sound, animasi.
1.3
Pemanfaatan Multimedia
Multimedia memiliki beberapa keunggulan bila
dibandingkan dengan media-media lainnya
seperti buku, audio, video, atau televisi. Keunggulan
yang paling menonjol adalah interaktivitas. Bates (1995) berargumen bahwa
diantara media-media lain interaktivitas multimedia atau media lain yang
berbasis komputer adalah yang paling nyata (overt).
Sebagai perbandingan media televisi pun sebenarnya
juga menyediakan interaktivitas, hanya saja interaktivitas ini samar (covert).
Keunggulan multimedia dalam hal interaktivitas adalah media ini secara inheren
memaksa pengguna untuk berinteraksi dengan materi. Interaksi ini bervariasi
dari yang paling sederhana hingga yang kompleks. Interaksi sederhana misalnya pengguna
harus menekan keyboard atau melakukan klik dengan mouse untuk berpindahpindah halaman
(display) atau memasukkan jawaban dari suatu latihan dan komputer merespon
dengan memberikan jawaban benar melalui suatu umpan balik (feedback).
Interaksi yang komplek misalnya aktivitas di dalam suatu simulasi sederhana di
mana pengguna bisa mengubah-ubah suatu variabel tertentu atau simulasi komplek
seperti simulasi menerbangkan pesawat udara.
Dikutip dari : Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi
Depdiknas, Gatot Pramono 2008
1.3 Konsep multimedia
1. Digital media
Bidang yang mengintegrasikan teks, grafik,
still dan moving image, animasi, audio, interaktif, dan lainnya. Penggunaan
digital media lebih akurasi dan support dengan komputer, lebih fleksibel
tentunya.
2. Analog
Mengapa analog masih digunakan karena banyak
sistem yang menggunakan sistem analog.
Sistem hybrid analog-digital mempunyai kemampuan fleksibel, untuk menangani
kedua jenis data.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar